Penanaman Mangrove di Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya Makassar

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Penanaman Mangrove dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2019 Sulawesi Selatan dipusatkan di Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya. Dimana Untia sebagai salah satu Kelurahan percontohan Proiklim. Selasa (9/7/2019).

Adapun gerakan ini mengambil tema “Penanaman Mangrove untuk Pemulihan DAS dan Mitigasi Perubahan Iklim.

Dihadiri Asisten II Provinsi Sulawesi Selatan, Kadis Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan. 

Kegiatan ini diprakarsai oleh BPDASH Jeneberang Saddang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Hadir pula dari Unsur TNI dan kelompok nelayan LSM PKK dan para Lurah di Kcamatan Biringkanaya. 

Lurah Untia sebagai tuan rumah melaporkan kegiatan penanaman mangrove sudah menjadi kegiatan rutin, melibatkan semua elemen masyarakat dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah Kecamatan Biringkanaya dalam hal ini Camat Biringkanaya. Mahyuddin selaku Camat Biringkanaya juga selalu menggalakkan penyuluhan pentingnya penanaman mangrove di Kelurahan Untia sebagai upaya mitigasi dan adaptasi bencana.

Penanaman mangrove juga melibatkan para pelajar dari SMK Kehutanan sebanyak 50 pelajar turun menanam mangrove dalam rangka edukasi ekowisata.

Pada kesempatan ini juga diserahkan bantuan bibit pohon mangga dan rambutan sebanyak 200 pohon kepada Lurah Untia dalam rangka penghijauan tanaman produktif.(R/Rajendra)